Blog For Everything!!

Dec 4, 2015

Tentang Musketeer

Assalamualaikum semua kembali lagi sama ane kk tower. Huft setelah menyelesaikan semua tugas di dunia nyata, ane akan kembali akan ngepost lagi. Setelah tadi baca komik One Piece Chapter 809 yang baru, Disitu dimunculin karakter karakter baru, yaitu para masketir (Musketeer) yang tidak lain adalah pengawal dari Nekomamushi. Yap, Nekomamushi adalah Raja / penjaga dari Mokomo Dukedom yang kena shift malam.
Si kucing item kayak di pilem puss in boob boot


 Dan inilah para trimaskentir dari dunia One Piece


Nah, dari situlah ane bikin postingan kayak gini. Menurut kakek Wiki, Musketir yang berasal dari basa prancis yaitu "mousquetaire" (buset ladah ane keplintir plintir) dan basa inggris yaitu "musketeer". Jadi Musketeer itu bagian penting dari sebuah tentara pada zoman modern awal di daerah Eropa dan juga Asia. Mungkin para mbro-mbro dan sistah sering dengar tentang "Trimasketir". Nah awalnya Trimasketir adalah nama dari sebuah buku. "Trio Masketri" merupakan buku atau novel karya Alexandre Dumas. Dimana diceritakan tentang 4 orang (awalnya 3 orang) ksatria dari perancis yang disebut sebagai Musketri. Dimana slogan mereka adalah "One For All, All For One" mereka mengatakan sambil goyang alay  ahh. .  maksutku sambil menyatukan ujung pedang mereka kebawah, unutuk lebih jelasnya tentang cerita ini silahkan gugling sendiri.

Gimana mbro udah ada gambaran untuk para trio macan ksatria kita. Ok Sekarang ane akan bahas tentang maskeetir lebih mendetil mbro,Tapi sebelumnya ente ente sekalian harus duduk yang rapi dulu, tangan dilipat diatas meja dan mulut dikunci, lalu baca dengan seksama. Masketir adalah sekolompok ksatria prancis di tahun 1622. yang dibentuk oleh ayah Louis XIII yaitu Henry IV. dan bernama Carabiniers anak cabang dari Musketeer of the Guard, lalu  pasukan kecil ini di pesenjatai senapan oleh Louis XIII. Musketir ada bertempur dengan jalan kaki jalan kaki atau yang disebut ikanteri infanteri maupun menunggang kuda alias kavaleri. Dan mereka semua adalah Ksatria yang sangat terlatih dan mempunyai dedikasi tinggi untuk patuh dan taat kepada Raja..

Terbagi dalam pasukan Infantri  dan menunggang kuda , pasukan ini memiliki semangat yang dan loyalitas yang tinggi hingga mendapat simpati dari pihak kerajaan dan akhirnya menjadi pasukan favorit juga terhormat dimata masyarakat. Ketika pasukan ini baru terbentuk, Kardinal Richelieu membentuk pasukan pengawalnya sendiri. Ia memberi nama Musketeer pada pasukannya sedangkan pasukan khusus pengawal raja adalah Gardu de Coprs. Hal ini menciptakan sedikit persaingan sengit diantara dua Corp Musketeer di dalam kerajaan. Setelah Kardinal Richelieu wafat pada tahun 1642, pasukan diwariskan kepada penerusnya yaitu Kardinal Mazarin. Setelah Kardinal Mazarin wafat lalu pasukan ditangani oleh Louis XIV yang menambah runyam hubungan antara Musketeer Raja dengan Musketeer Kardinal. Musketeer Raja menunggang kuda berwarna abu abu dan disebut "Grey Musketeer", sedangkan Musketeer Kardinal menunggang kuda berwarna hitam dan disebut "Black Musketeer". Tahun 1776 Pasukan Musketeer dibubarkan oleh Louis XVI dengan alasan penghematan anggaran, lalu di bentuk kembali tahun 1789 dan dibubarkan tidak lama kemudian. 6 Juli 1814 pasukan dibentuk lagi namun dibubarkan kembali pada 1 Januari 1816.



Salah satu karakter di One Piece yang mirip dengan Musketeer, dan mungkin akan bertemu para musketeer squad di Mokomo Dukedom.

Setelah puas dari prancis sekarang kita loncat ke benua Asia. Musketeer di Cina berasal dari dinasti Ming, yang ditulis oleh Jiao Yu pada abad ke-14, Ming sendiri adalah seorang pemimpin Militer. Musket atau senapan digunakan di Cina setidaknya dari abad 14. Dipergunakan dalam Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1911). Sebuah buku militer Huolongjing sudah menulis dengan detail tentang senapan Cina Pada abad ke-14 . Pada 1598 AD Zhao Shizhen menulis buku Shenqipu yang isinya terdapat ilustrasi senjata senapan Turki Ottoman, juga ilustrasi dan deskripsi tentang bagaimana orang Cina telah mengadopsi posisi berlutut pasukan Ottoman menembak.
Kalo tadi di Cina sekarang dari negeri JAV matahari terbit.
Musket pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1543 oleh para pedagang Portugis. Pada dasawarsa 1560-an musket sudah diproduksi masal di Jepang.
Oda Nobunaga merevolusikan taktik penggunaan musket di Jepang dengan memisahkan pengisi musket dan musketir, dan memberikan tiga bedil pada satu orang pada Pertempuran Nagashino tahun 1575, dalam Perang Saudara Jepang.
Catatan populer yang menyatakan Nobunaga menggunakan formasi tiga baris, seperti Maurits van Nassau, keliru menurut bukti-bukti di tempat. Kemenangan total yang diperolehnya pada pertempuran ini menyebabkan daimyo lain untuk mendapatkan musket dalam jumleh besar, yang terbukti sangat mangkus selama invasi Jepang ke Korea yang diperintahkan Toyotomi Hideyoshi pada dasawarsa 1590-an. Pada Pertempuran Sekihagara tahun 1600, hampir 20,000 pucuk musket digunakan, sebanding kalaupun tak lebih besar dibandingkan jumlah musket yang dilibatkan dalam medan pertempuran Eropa masa itu.
Segera sesudahnya, dan selama masa penutupan (Sakoku), kekuatan politik kaum samurai menyebabkan musket dilarang di Jepang karena dianggap "tidak kesatria". Sentimen yang sama dirasakan banyak orang di Eropa, namun tak ada yang punya kekuatan untuk melarangnya

Nah, kalo tadi tentang Musketeer sekarang akan dibahas tentang musket. Lho kok ?.


Senapan Lontak atau Musket adalah senapan yang hanya bisa satu kali menembakkan peluru, lalu harus diisi mesiu dan sebuah peluru timah dari ujung larasnya untuk dapat ditembakkan kembali. Mungkin yang pernah main Assassin Creed pasti tau. Namun kala itu senapan ini merupakan senjata paling ampuh di medan perang. Sejarah mencatat banyak kerajaan besar yang menang dengan gemilang berkat teknologi ini. Senjata ini populer antara abad 15 hingga abad 19, tapi menurut saya abad 14 adalah awal digunakannya senjata ini dalam perang. Lalu dari mana asal mula Film The Musketeer atau The Three Musketeer yang kita tonton itu? sebab disana mereka lihai memainkan pedang bukan menembakkan senapan.


Musketeer di dunia per-yugioh-an

Ok, demikian bahasan yang annoying dari ane tentang musketeer. wassalam
Ada yang mau menambahkan ?




Share:

3 comments:

  1. Kakak itu light novel yak ?
    Bukannya masketir itu mas kentir yak? Kalo trimasketir = trio mas kentir

    ReplyDelete
  2. OTTOMAN GAN NGGAK DIBAHAS??NGGAK LIKE GUE UMAT ISLAM SENDIRI NGGAK DI BAHAS,PADAHALKAN OTTOMAN YANG PERTAMAKALI MEMPERKENALKAN SENAPAN!!KAREPMU DAH INDON..INDON

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan erick ,ane cuma mau ngelurusin aje yee,ntu admin belum tentu gak pingin mbahas tentang sejarah umat islam... Tapi apa salah kalo kita juga mempelajari sejarah agama,ras,bangsa main?....kita juga harus saling menghormati agama lain. Kalo seingat saya sih senapan itu awal mulanya dari Gatling gun ciptaan abah Richard j Gatling orang Carolina AS seorang dokter Gigi tu si abah di abad 18 saat perang sodara amerika

      Delete

Thanks for your support

Pages

StatCounter

View My Stats

This Blog Protected By DMCA

Request/Keluhan

Mohon jika ingin request sesuatu atau memiliki keluhan berkomentarlah di tab REQUEST GAME,SOFTWARE,DLL&KELUHAN agar kami bisa menanggapi dengan cepat

Followers

Visitor

Weekly most viewed