Blog For Everything!!

Jan 23, 2016

Belajar C++ Dari Awal Bagian 1

Oke kali ini admin bikin sesuatu yang berfaedah buat kalian yang pingin belajar bahasa pemograman C++ dari awal.

Oke sebelum kita belajar C++ ini kita harus tau apa itu C++,sejarah C++  dan apa bedanya dengan bahasa pemrograman yang lain okkk... Langsung aja Sikatt mang

Apa itu C++?? 
Jadi C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling complex dan bisa dijalankan hampir di semua platfrom
Mungkin banyak yang menganggap bahwa C++ adalah bahasa pemrograman yang paling sulit... Jawabannya IYA... Memang benar bahwa C++ lebih sulit dari bahasa pemograman yang lain tapi bukan berarti tidak bisa depelajari oleh orang yang baru ingin belajar bahasa pemrograman, tapi inilah manfaatnya kenapa kita harus belajar C++ dahulu sebelum belajar bahasa pemrograman yang lain karena jika kita sudah menguasai setidaknya 70℅ dari C++ kita akan lebih mudah mempelajari bahasa pemrograman yang lain,daripada kita belajar bahasa pemrograman yang lain terus tiba tiba ingin belajar C++ pasti pusingnya doble doble iya kan.. 

Sejarah C++
Jadi, singkat cerita pada awal tahun 1970-an seorang bernama Bjarne Stroustrup mulai mengembangkan bahasa pemrograman c++ yang merupakan turunan dari Bahasa C.
Jika Bahasa C merupakan bahasa prosedural maka Bahasa C++ hadir menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming.
Software text editor,compiler IDE C++
Ada banyak sekali software untuk menulis,meng compile C++ mulai dari yang sederhana seperti Notepad++ ,CodeLite,DevC++ hingga ke software IDE seperti VisualStudio,CodeBlocks dan Netbeans semua terserah kalian mau milih yang mana tapi saya sarankan Software IDE yang sudah lengkap dari text editor hingga compilernya Seperti VisualStudio atau Codeblocks agar tidak bingung nantinya.

Bagian pertama : Struktur Dasar C++
Pertama kalian buka text editor atau software ide yang telah kalian dunlud dan tulis text di bawah ini

#include <iostream>
int main()
{
std::cout << "Belajar" << std::endl;
std::cin.get();
return 0;
}

oke sekarang kita akan bahas satu persatu baris text di atas

yang pertama adalah

#include <iostream>

Yang pertama itu adalah Header fungsi dari header itu adalah untuk memberi tahu/memakai file dari directory yang dimasukkan.
Oke akan saya perjelas,
Fungsi include adalah untuk memasukkan atau menambahkan file dari directory <iostream> yang ada di di sistem operais untuk menjalankan perintah selanjutnya.

Kedua adalah

int main()

Singkatnya int main() adalah pintu untuk sistem operasi agar bisa masuk dan menjalankan perintah di body.

Selanjutnya adalah

{   }

Fungsi dari {   } adalah batas dari isi body yang akan di eksekusi oleh OS

Ke empat

std::cout << "Belajar" << std::endl;

maksud dari std::cout adalah untuk memberi tahu Os/iostream untuk membuka Command Prompt dan selanjutnya fungsi << untuk memberitahu program untuk memasukkan String yang harus diawali dan di akhiri dengan tanda " contohnya "Belajar" dan fungsi dari std::endl; adalah untuk memberi tahu program untuk mengakhiri string tersebut dan ingat setiap akhir dari isi body harus diberi tanda ; untuk menandai akhir dari body tersebut...

selanjutnya adalah

std::cin.get

fungsinya agar pada saat program sukses diajalankan tidak menutup sendiri jadi kita harus menekan enter untuk memberi tahu program agar bisa menutu

terakhir adalah

return 0;

fungsi dari return 0; adalah untuk menandai bahwa program telah sukses dijalankan

Dan penutup body

}

Fungsinya sudah saya jelaskan yaitu untuk mengakhiri body

Oke kalau sudah paham kita akan coba mengkompile data tersebut agar bisa dijalankan di OS yang akan kita bahas di bagaian kedua.
Ok terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca semoga bisa bermanfaat bye.... Salam WukWuk
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your support

Pages

StatCounter

View My Stats

This Blog Protected By DMCA

Request/Keluhan

Mohon jika ingin request sesuatu atau memiliki keluhan berkomentarlah di tab REQUEST GAME,SOFTWARE,DLL&KELUHAN agar kami bisa menanggapi dengan cepat

Followers

Visitor

Weekly most viewed